Daftar Riwayat Hidup: Pengertian, Manfaat, Unsur, Contoh

Daftar riwayat hidup seringkali disebut juga sebagai CV (curriculum vitae). Setiap orang yang akan melamar kerja atau magang harus membuat CV untuk memperkenalkan dirinya secara singkat kepada orang atau perusahaan yang akan dituju.

Oleh sebabnya, daftar tersebut sebaiknya dibuat semenarik dan selengkap mungkin.

Apa Itu Daftar Riwayat Hidup?

Setiap orang tentu mempunyai riwayat hidup hanya saja mereka menulisnya atau tidak. Namun, akan lebih baik jika Anda menulisnya supaya mudah jika suatu saat diperlukan.

Terlebih jika Anda merupakan seorang dari kalangan professional, tentu memiliki rekam jejak hidup yang cukup panjang dengan berbagai pengalaman dan riwayat pendidikan.

Curriculum vitae merupakan daftar riwayat seseorang selama hidup yang berisi mengenai informasi penting. Umumnya berisi biodata diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, organisasi, dan keahlian.

Saat Anda melamar pekerjaan selalu diminta untuk melampirkan dokumen atau surat yang satu ini atau jika interview Anda akan diminta CV ini dalam bentuk print out.

Dengan demikian, bisa pula diartikan sebagai dokumen tentang gambaran diri seseorang secara singkat, yang juga meliputi riwayat pendidikan hingga pengalaman kerja.

Kegunaan Daftar Riwayat Hidup

Di samping untuk kebutuhan melamar pekerjaan atau profesi, daftar riwayat hidup seringkali dibutuhkan saat Anda akan masuk sekolah atau kuliah.

Baca Juga :  Resensi: Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat, Fungsi

Umumnya di sekolah tinggi seperti tingkat sarjana maupun magister harus melampirkan dokumen yang satu ini sebagai pelengkap.

Terlebih jika Anda mendaftar sebagai calon penerima beasiswa, sehingga harus melampirkan CV serta bukti atau sertifikat penghargaan atas prestasi yang pernah Anda raih.

Baik di luar maupun luar negeri kebanyakan membutuhkan CV untuk mendaftar sebagai mahasiswa.

Bukan hanya itu saja, jika Anda ingin mencalonkan sebagai kandidat pejabat tertentu dalam pemerintahan juga membutuhkan CV sebagai ketentuan atau syarat mendaftar.

Seperti halnya kandidat hakim agung hingga anggota dewan maupun pejabat eksekutif semacam gubernur. Hal itu penting untuk melihat track record seseorang sebelum masuk dalam pemerintahan.

Tentu saja CV setiap orang berbeda-beda dari segi banyaknya pengalaman. Semakin bertambah usia dan pengalaman maka akan semakin banyak lembar yang dibutuhkan.

Karena itu, pastikan Anda memperbaharuinya setelah berganti pekerjaan dan sebagainya.

Unsur Membuat Daftar Riwayat Hidup

Ada beberapa unsur yang harus Anda cantumkan dalam CV untuk memudahkan pembaca mengenal siapa diri Anda. Berikut adalah rinciannya:

a. Identias diri

Unsur yang satu ini sangat penting dan tidak boleh sampai tidak tercantum. Identitas diri meliputi nama lengkap, alamat, status, kontak, jenis kelamin, dan sebagainya. Buatlah identitas selengkap dan sejelas mungkin.

b. Riwayat pendidikan

Dalam hal ini jelaskan atau sebutkan riwayat pendidikan yang pernah Anda tempuh baik formal maupun non-formal. Urutlah mulai dari yang tertinggi hingga terendah. Lengkapi pua dengan tahun kelulusan untuk masing-masing pendidikan.

c. Pengalaman kerja atau organisasi

Pengalaman kerja merupakan hal yang harus dicantumkan dalam CV. Hal itu bertujuan agar HRD mudah mengenal siapa Anda dan sebagai pertimbangan lainnya.

Baca Juga :  Transformator: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, Cara Kerja

Jika belum ada pengalaman kerja, Anda bisa memasukkan pengalaman organisasi. Sebaiknya berikan rincian status Anda dalam organisasi tersebut supaya lebih jelas.

d. Keahlian khusus

Keahlian menjadi bagian yang penting dalam daftar riwayat hidup, sehingga harus dicantumkan misalnya dalam hal soft skill.

Hal itu untuk menunjukkan kepada pihak perusahaan bahwa Anda patut untuk dipertimbangkan masuk sebagai bagian dari karyawan perusahaan dengan backround keahlian yang Anda miliki.

e. Prestasi

Jika ada, Anda bisa memasukkan prestasi atau penghargaan yang pernah Anda raih baik dalam hal akademik maupun non-akademik, baik semasa kuliah maupun saat sudah kerja atau bahkan di masyarakat umum.

Hal itu bisa menjadi nilai plus dalam CV, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Membuat CV secara lengkap dan benar belum cukup untuk menarik perhatian pihak perusahaan, khususnya bagian rekrutmen.

Karena itu, Anda harus mendesain atau membuatnya semenarik mungkin dan tentu harus mudah dipahami. Berikut tips membuat CV yang baik serta menarik:

a. Pilih ukuran dan jenis font yang umum agar mudah dibaca

Sebaiknya gunakan ukuran standar, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Begitu pula jika tidak diperlukan jangan gunakan huruf tebal semua supaya pembaca tidak kebingungan.

Tak hanya itu gunakan jenis huruf yang biasa dan mudah dibaca oleh semua kalangan, jangan huruf yang tegak bersambung yang tampak rumit dan sulit dipahami.

b. Lengkapi dengan foto terbaru Anda di bagian tertentu

Gunaan foto yang sifatnya eye catcing agar lebih mengesankan. Tentu saja foto yang digunakan harus formal setengah badan bukan selfie dan semacamnya. Sebaiknya pasang foto terbaru pada bagian tertentu dalam CV Anda.

Baca Juga :  Hipotesis: Pengertian Ciri-ciri, Jenis, Fungsi, Perumusan

c. Apabila Anda mempunyai akun blog atau website bisa menyantumkannya dalam CV

Tidak ada salahnya jika Anda memasukkan alamat website, blog, atau akun media sosial dalam Cv. Hal itu bisa menjadi referensi khusus bagi pihak perusahaan untuk mengenal kebiasaan Anda dan sebagainya.

d. Buatlah desain yang bagus dan rapi

Anda bisa memberikan efek, warna atau backround tertentu untuk mempercantik tampilan CV. Tentu saja buatlah serapi mungkin supaya pihak perusahaan tidak malas membacanya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut adalah contoh sederhana daftar riwayat hidup

Identitas Diri

  • Nama : Khusnul Khotimah
  • Alamat : Jl. Karangmenjangan IV, Kec. Gubeng, Surabaya
  • Status : Belum menikah
  • No. HP : 085000333777
  • Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal

  • 2002-2009 MI Tarbiyatussubyan Kedungprimpen, Bojonegoro
  • 2009-2011 MTs. Darul Falah Kedung Primpen. Bojonegoro
  • 2011-2014 MA. Maarif NU Nguwok, Lamongan
  • 2014-2018 Program Studi Ilmu Sejarah, Universitas Airlangga Surabaya

Pendidikan Nonformal

  • 2009-2011 Ponpes Sabilul Muttaqin Kedungprimpen, Bojonegoro
  • 2011-2014 Ponpes Bustanul Muta’allimin Nguwok, Lamongan

Pengalaman Organisasi

  • Staf PSDM HMD ilmu Sejarah 2015-2016
  • Staf Departemen PBA (Pembinaan Baca Al Quran) SKI FIB Unair 2016-2017
  • Anggota PMII Komisariat Airlangga

Pengalaman Kerja

  • Tutor Les Privat LBB Naira Surabaya 2015-2016
  • Freelace Writer 2018 – Sekarang
  • Staff Pengajar di MI Al Falah Surabaya 2018 – Sekarang

Keahlian

  • Bahasa Inggris Microsoft Office Creatif Writing
  • Bahasa Arab Adobe Potoshop Content Writing

Subtansi sangatlah penting dalam CV, sehingga harus Anda tulis selengkap dan sebenar mungkin. Di samping itu juga harus Anda desain lebih bagus dan rapi supaya pihak perusahaan yang Anda tuju lebih tertarik melihat dan membacanya hingga akhirnya Anda bisa diundang dalam wawancara kerja atau yang lainnya.

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.