Doa Qunut: Pengertian, Hukum, Manfaat, Doa (Arab, Latin)

Doa qunut merupakan doa yang dipanjatkan agar menolak bahaya dan bisa mendatangkan kebaikan. Pada umumnya doa tersebut dibaca pada rakaat kedua saat shalat subuh. Lebih tepatnya, dibaca setelah ruku’ rakaat kedua di shalat subuh. Selain itu, Anda dapat membaca doa tersebut pada sholat witir di paruh kedua bulan puasa.

Cara melakukannya adalah kedua tangan diangkat. Setelah selesai membaca doa tersebut tangan diangkat untuk berdoa. Setelah itu, Anda melakukan gerakan sholat berikutnya. Hukum membacanya sunnah muakkad sehingga bukan menjadi syarat wajibnya sholat. Apabila dikerjakan akan mendapat pahala. Namun, jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Hukum Membaca Doa Qunut

Hukum Membaca Doa Qunut
Hukum Membaca Doa Qunut

Banyak pendapat yang mengutarakan tentang hukum membaca doa pada qunut. Berikut ini adalah beberapa pendapat yang dapat dijadikan dasar membaca doa pada qunut baik pada saat shalat subuh maupun saat shalat witir:

1. Doa tersebut hanya dibaca pada shalat subuh saja. Saat melaksanakan sholat witir maupun sholat lainnya tidak disertai membaca doa tersebut.

2. Doa tersebut hanya dibaca saat menjalankan shalat subuh saja dan saat melaksankan shalat witir pada setengah akhir bulan ramadhan saja. Pada shalat wajib lainnya tidak dianjurkan untuk membaca doa tersebut.

3. Doa tersebut dibaca ssaat melaksanakan shalat witir saja dan tidak dibacakan pada shalat wajib. Apabila dibaca, hanya saat terjadi musibah saja dan yang membaca adalah imam, sedangkan makmumnya hanya mengamini doanya.

4. Doa tersebut hanya dibaca pada saat shalat witir saja dan tidak dilaksanakan pada shalat wajib. Doa tersebut dibaca hanya pada saat terdapat musibah penyakit yang dialami masyarakat.

Baca Juga :  Doa Buka Puasa (Arab, Latin, Terjemahan) dan Cara Berdoa

Berdasarkan keempat pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa hukum membaca doa tersebut adalah sunnah. Apabila doa tersebut tidak dibaca di sholat fardhu maka tidak membatalkan shalat. Berikut adalah bacaan doa pada qunut subuh:

Doa Qunut:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ ,وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ , وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ , وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ, وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ, فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ , وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ, وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ, تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ, وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا
مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya:

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan.

Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.

Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Berdoa Saat Shalat Berjamaah

Berdoa Saat Sholat
Berdoa Saat Sholat

Tata cara melaksanakan doa untuk qunut saat shalat subuh berjamaah adalah sebagai berikut:

1. Anda sebagai imam

Sebagai imam, Anda dianjurkan untuk membaca doa untuk qunut saat menjalankan shalat subuh. Caranya adalah bacaan i’tidal pada shalat subuh atau shalat witir diganti dengan bacaan qunut. Hal ini dikarenakan membaca bacaan qunut lebih diutamakan dibandingkan membaca bacaaan i’tidal.

2. Anda sebagai makmum

Saat Anda sebagai makmum, maka ada beberapa alternatif, yaitu sebagai berikut:

  • Qunut dapat dibaca dengan ringkas setelah membaca i’tidal. Doa yang dipanjatkan mengandung unsur pujian dan istighfar.
  • Qunut dengan sujud syahwi
  • Boleh mufaroqoh

Manfaat Membaca Doa Qunut

Manfaat Doa Qunut
Manfaat Doa Qunut

Banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengamalkan membaca doa untuk qunut subuh maupun qunut pada shalat witir di setengah akhir bulan ramadhan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengamalkannya secara rutin. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keutamaan membaca doa tersebut dalam shalat, tepatnya setelah rukuk:

Baca Juga :  Doa Setelah Adzan (Arab, Latin, Terjemahan) dan Manfaat

1. Mendapat petunjuk

Di dalam doa pada qunut terdapat kalimat yang menjelasakan permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberi petunjuk.

Kalimat tersebut adalah kalimat tawasul yang berbunyi Allahummahdinii fii man hadaiit. Kalimat tawasul adalah kalimat yang menyebutkan adanya nikmat hidayah layaknya Allah SWT telah memberikan hidayah kepada umatnya.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk selalu membaca doa tersebut setiap subuh secara rutin dengan harapan untuk mengharapkan petunjuk dari Allah SWT. Petunjuk dapat berupa ilmu yang bermanfaat atau amal sholeh seseorang.

2. Mendapat perlindungan

Allah SWT memberikan perlindungan agar umatnya selamat dari mara bahaya. Hal ini berkaitan dengan sifat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah akan mengabulkan doa hambaNya yang meminta perlindungan. Di dalam doa pada qunut terdapat kalimat yang berisi permohonan seorang hamba agar mendapat perlindungan.

Kalimat tersebut berbunyi wa’aafinii fii man ‘afaiit. Kalimat tersebut mengandung makna bahwa perlindungan yang Allah berikan kepada hambaNya berupa keselamatan kepada hambaNya yang meminta.

Perlindungan yang diberikan tidak hanya keselamatan di dunia saja, melainkan keselamatan di akhirat. Allah juga akan memberikan keselamatan umatNya dari berbagai cobaan. Dengan demikian, umatNya selalu berada di jalan yang lurus dan benar.

3. Terhindar dari penyakit

Kalimat wa’aafini fii man hadaiit dipercaya tidak hanya memberi perlindungan dalam bentuk keselamatan saja. Namun, keselamatan yang diberikan dapat juga berupa dihindarkan dari segala macam penyakit baik penyakit hati maupun penyakit yang menimpa badan.

Anda dianjurkan untuk membacanya secara rutin agar terbebas dari hal yang menyimpang baik dari segi tahta, harta maupun hawa nafsu. Selain untuk mencegah dari penyakit hati, juga dapat menyehatkan badan sehingga selalu sehat dan fisiknya kuat.

4. Memberikan keberkahan atas nikmat yang diberikan

Di dalam doa pada qunut terdapat kalimat wabaariklii fiimaa a’thoiit yang memiliki makna permohonan agar apa yang telah Allah berikan kepada hambaNya mendapatkan keberkahan. Penjelasan dari kalimat tersebut adalah Allah akan memberikan kebaikan dalam bentuk keberkahan.

Baca Juga :  20 Sifat-sifat Allah SWT beserta Ayat, Arti dan Penjelasan

5. Permohonan agar selalu diberi kesehatan yang dapat dipakai untuk nilai-nilai kebaikan.

6. Permohonan agar selalu diberi ampunan oleh Allah SWT.

7. Sebagai manusia wajib berusaha dengan berdoa dengan tetap yakin dan percaya bahwa semua keputusan diserahkan kepada Allah SWT.

8. Permohonan agar rahmat, berkah dan salam selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan keluarganya.

Banyak sedikitnya nikmat yang diberikan, masing-masing terdapat keberkahan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membacanya setiap hari agar Allah SWT memberikan keberkahan hidup dan keberkahan di setiap nikmat yang Anda peroleh.

Apa yang dilakukan Saat Lupa Doa pada Qunut?

Lupa Membaca Doa Qunut
Lupa Membaca Doa Qunut

Apabila Anda lupa melakukan salah satu gerakan pada shalat, termasuk salah satunya adalah membaca doa pada qunut di shalat subuh, Anda dapat melakukan sujud syahwi. Ada pun tata caranya adalah sebagai berikut:

1. Niat

Niat dilakukan saat dipenghujung rakaat terakhir. Tepatnya, setelah tahiyat akhir sebelum mengucapkan salam, takbir dan sujud sembari membaca doa sujud syahwi.

2. Sujud

Saat sujud Anda membaca doa sujud syahwi sebanyak 3 kali

3. Duduk diantara dua sujud

Setelah Anda membaca doa saat sujud syahwi maka selanjutnya adalah duduk diantara dua sujud. Lalu, membaca doa sama seperti doa duduk diantara dua sujud pada shalat fardhu.

4. Sujud lagi

Setelah duduk diantara dua sujud, Anda sujud lagi. Lalu, Anda melakukan tahiyat akhir yang dilanjutkan dengan mengucap salam.

Banyak keutamaan membaca doa qunut. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rutin membaca doa tersebut pada shalat subuh atau pada shalat witir di setengah akhir bulan ramadhan. Dengan demikian, harapannya doa Anda akan terkabul sehingga selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT. Selain itu, hidupnya diberi keberkahan dan mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.