Prosedur: Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Jenis dan Struktur

Internet telah menjadi konsumsi publik baik bagi orang dewasa maupun untuk kalangan remaja dan pelajar. Tentu anda juga sudah pernah melakukan browsing untuk mencari tips tertentu untuk melakukan hal-hal yang belum anda ketahui bagaimana cara melakukannya.

Sadar atau tidak, anda mungkin telah sering kali bertemu dengan prosedur atau dalam bahasa inggris disebut dengan nama procedure.

Ada banyak kata kunci yang bisa anda gunakan ketika sedang mencari sebuah procedure untuk hal-hal tertentu. Beberapa kata kunci yang berkaitan dengan procedure adalah tata cara, tips, cara, tutorial dan lain-lain.

Ternyata procedure memiliki pengertian khusus, baik itu yang berupa artikel singkat maupun berupa buku. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Prosedur

Pengertian Prosedur
Pengertian Prosedur

Pengertian prosedur adalah suatu teks yang di dalamnya berisi tata cara baik untuk melakukan maupun untuk membuat suatu hal secara berurutan, dengan disusun langkah demi langkah untuk menghasilkan suatu tujuan tertentu.

Jika anda perhatikan, biasanya teks procedure memiliki kesamaan berupa terdapat tulisan seperti tips, tutorial dan tata cara dalam melakukan langkah yang ditentukan.

Satu lagi yang perlu anda perhatikan dari teks procedure adalah dimana terdapat kata imperatif di dalamnya.

Kata imperatif atau kata perintah tersebut berfungsi agar pembaca melakukan apa perintah atau langkah-langkah yang terdapat pada teks procedure tersebut.

Perintah yang diberikan pun disajikan per langkah sehingga pembaca akan lebih mudah dalam mengikuti apa yang diperintahkan tersebut.

Baca Juga :  Modernisasi: Pengertian, Ciri, Dampak, Hubungan, Pembahasan

Tujuan Prosedur

Diciptakannya teks procedure tidak lepas dar tujuan pembuatannya. Adapun tujuan dari pembuatan teks tersebut adalah untuk menunjukkan kepada pembaca tentang langkah dan perintah yang bisa menghasilkan hasil akhir tertentu, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami dan mengikuti isi dari teks tersebut.

Ketika digunakan bersama, pembaca dan pendengar bisa memahami teks tersebut.

Ciri-ciri Prosedur

Ketika anda sudah terbiasa mencari dan mengikuti teks procedure, maka akan lebih mudah bagi anda untuk mengikuti apa saja ciri-ciri dari teks tersebut.

Ketika dijabarkan, ternyata terdapat banyak ciri-ciri teks procedure yang bisa anda temukan. Di bawah ini adalah beberapa penjabaran tentang ciri-ciri teks procedure yang perlu anda ketahui.

1. Terdapat tiga unsur sebagai berikut tujuan, langkah-langkah serta penutup.

2. Jenis kalimat yang digunakan adalah kalimat perintah. Alimat perintah atau kalimat imperatif ini dapat anda kenali sebagai kalimat yang membuat pembaca dapat mengikuti perintah atau langkah-langkah yang terdapat pada teks tersebut.

3. Selain kalimat perintah, juga terdapat kalimat penghubung. Fungsi dari penggunaan kalimat penghubung adalah untuk membuat susunan kalimat satu dengan yang lainnya menjadi urut, sehingga menjadi sebuah teks procedure yang dari awal sampai akhir tersusun berurutan.

4. Baik itu kalimat langsung dan tidak langsung dapat digunakan pada jenis teks ini. Ketika dibutuhkan, maka menggunakan kalimat langsung bisa digunakan agar seolah penulis berbicara langsung kepada pembaca.

5. Jenis kalimat saran dan larangan menjadi ciri-ciri teks procedure. Tidak jarang untuk memperjelas maksud dari langkah demi langkah, kedua kalimat tersebut digunakan.

6. Mampu memberikan batasan atau kriteria tertentu untuk mempersempit makna.

7. Isi teks berupa pemberian langkah yang terperinci, dan juga memberi informasi.

Baca Juga :  Aksioma: Pengertian, Syarat, Postulat, Proposisi, Teorema

8. Bentuk akhiran yang biasa ditemukan adalah akhiran -i dan -kan.

Struktur Prosedur

Membaca teks proscedure adalah sebuah kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Tetapi, untuk membuatnya, anda harus mengetahui apa saja struktur yang menjadi kerangka terciptanya jenis teks yang satu ini.

1. Tujuan

Ketika anda ingin membuat teks procedure, maka yang pertama yang perlu anda cantumkan adalah tujuan dari teks itu sendiri.

Beberapa hal yang bisa di tulis pada bagian ini adalah berupa latar belakang yang membuat penulis ingin membuat teks ini untuk pembaca.

Latar belakang yang ditulis bisa beragam, mulai dari manfaat dari penulisan, tujuan penulisan, dan lain-lain.

2. Materi

Struktur yang kedua adalah materi. Pada bagian ini, anda cukup tuliskan apa saja persyaratan atau bahan-bahan yang perlu disiapkan oleh pembaca agar bisa mengikuti maksud dan tujuan dari teks procedure itu sendiri.

Sebagai contoh, anda ingin membuat teks procedure tentang cara memasak rica-rica, di bagian ini anda bisa tuliskan apa saja bahan yang perlu disiapkan untuk memasak rica-rica tersebut.

3. Langkah-langkah

Merupakan struktur yang harus ada seperti pada dua struktur sebelumnya. Struktur langkah-langkah ini berisi berupa perintah atau kegiatan yang dilakukan secara berurutan agar bisa mencapai tujuan akhir seperti yang dibahas di struktur tujuan sebelumnya.

Memberikan langkah-langkah yang urut adalah sebuah keharusan agar memudahkan pembaca dalam memahami dan mengikuti isi teks procedure.

Jenis-jenis Prosedur

Untuk mengetahui lebih dalam tentang teks procedure, berikut ini adalah tiga jenis teks procedure yang bisa menjadi panduan ketika akan membuat teks procedure yang menyesuaikan jenisnya.

1. Teks procedure sederhana

Sesuai namanya, jenis teks ini memiliki struktur langkah-langkah yang sederhana, yaitu hanya berisikan sekitar 2 sampai 4 langkah saja.

Baca Juga :  Genre Musik: Pengertian, Sejarah, Perkembangan dan Jenis

Jenis teks yang satu ini adalah salah satu yang paling disukai karena kesederhanaan dalam memahami dan melaksanakan perintah dari procedure tersebut.

Beberapa contoh yang bisa anda temukan misalnya, cara menghidupkan HP, cara mematikan TV, dan lain-lain.

2. Teks procedure kompleks

Teks procedure kompleks merupakan kebalikan dari jenis yang sederhana, karena berisikan struktur langkah-langkah dalam jumlah yang banyak.

Semua jenis teks procedure yang memiliki langkah-langkah yang panjang termasuk jenis teks procedure kompleks.

Misalnya, cara membuat masakan padang, cara melakukan balik nama kendaraan bermotor dan lain-lain.

3. Teks procedure protokol

Jenis teks procedure protokol ini memiliki ciri-ciri yaitu untuk mendapatkan atau mencapai tujuan yang di maksud, anda bisa mengubah langkah-langkah yang diberikan menjadi tidak urut.

Walaupun begitu, hasil yang dihasilkan akan sama. Misalnya, pada procedure memasak mie instan, anda bisa memilih memasukkan mie atau bumbu terlebih dahulu sesuai selera anda.

Anda bisa temukan lebih banyak contoh teks procedure di sekitar anda. Dengan mengetahui pengertian hingga jenis-jenis prosedur di atas, anda tidak hanya bisa memahami dan mengikuti maksud dari teks procedure yang anda temukan.

Tetapi, anda juga bisa membuat teks procedure yang sesuai dengan tujuan tertentu yang anda ketahui.

Berbagi itu Indah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.